30 May 2012

bayi pun berenang

Beberapa saat yang lalu (udah agak lama siih sebenarnya..) saya sempat melihat di salah satu stasiun televisi menayangkan bayi yang belajar berenang plus foto2 di dalam air. Lucu2 banget loooh.. secara saya kan agak “gila” bayi alis suka banget lihat bayi2 yang masuh unyuu (sampe2 pengen jadi bidan tapi ga kesampaian, hehe..) jadi pas ada tayangan itu betaah banget mantengin tuh layar TV. Karena masih penasaran tuh ya akhirnya iseng-iseng cari info tersebut di internet, finally  dapet deh.. Ini nih info lengkapnya.. :-)


http://www.babys-corner.com/baby-care/introduce-baby-to-the-swimming

Tips mengajari bayi berenang

1. Mulailah pada usia bayi 4-6 bulan. Dalam usia ini, reflek akuatik (menarik nafas sebelum menyentuh air) belum hilang. Hal ini tentunya dapat melatih koordinasi antara fungsi otak dan otot. Bermain dengan air hangat di bak mandi atau ember menjadi tips bayi berenang yang utama. Namun sebenarnya tidak ada patokan khusus, bahkan di luar negeri bayi yang baru lahir pun sudah diajak berenang. Karena reflek berenang bayi masih bagus (sekitar 9 bulan berenang di perut ibu), bahkan pada usia 4 bulan bayi memiliki reflek menyelam dan setelah itu secara perlahan menghilang seiring berkembangnya fungsi otak untuk berfikir sehingga bayi mulai merasa takut. Sehingga jika ingin belajar berenang harus memulai dari awal untuk belajar menahan nafas di dalam air.

2. Sebagai awalan, latihan dapat dilakukan di dalam kamar mandi lebih dahulu, dengan ukuran bak yang agak besar. Serta jangan lupa bawa beberapa mainan yang paling dia sukai untuk membuatnya merasa nyaman dan menyenangkan. Penting untuk diperhatikan yaitu suhu air pada awal belajar sebaiknya hangat sekitar 33oC agar bayi tidak kedinginan.

3. Cara mengajarkan bayi berenang yaitu memulainya secara bertahap, jangan langsung mengajari bayi berenang, tapi cobalah buat kondisi bayi serileks mungkin, mungkin bisa dilakukan dengan membawakan beberapa lagu gembira, memainkan mainan kesukaannya, menepuk-nepuk air di pinggir kolam agar bayi anda menikmati setiap percikan air yang mengenai tubuhnya. Jika bayi sudah mulai terbiasa dengan air danmerasa senang, bayi bisa digendong ke dalam kolam biarkan beberapa saat lalu dingkat dan diulangi hingga bayi terbiasa.

Begitu sudah nyaman dengan kondisi yang sama, dalam posisi terlentang minta bayi untuk melengkungkan punggung. Lalu perlahan-lahan jauhkan tangan anda dari punggung anak dan bersiaplah membantu ketika anak panik atau ketakutan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga anak merasa percaya diri untuk mengapung dengan terlentang. Tahap ini sangat penting, nantinya kalau ketakutan saat belajar berenang mereka bisa langsung membalikkan badan dan mengapung. Jika anak sudah pintar melayang di air saat tangannya anda pegang, lepaskan dan biarkan dia berenang sendiri. Tetaplah di dekat anak agar anak tetap merasa nyaman.

http://www.cpromo.co.uk/incentive-products/lifestyle-related-rewards/free-baby-swimming/

 4. Batasi waktunya, ketika anda sudah bermain dengan bayi anda. Ingat, kulit bayi itu sangat rentan dan sensitif, jadi jangan terlalu lama di dalam air. Untuk usia 4-6 bulan maksimal 10 menit saja sudah cukup, jangan sampai hingga bibir si bayi pun menjadi pucat atau membiru. 10 menit buat orang dewasa memang baru sebentar, namun untuk bayi itu sudah cukup lama.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan jika mengajak bayi berenang di kolam, pastikan air di kolam renang hanya mengandung sedikit kaporit dan aliran air harus baik agar nantinya tidak memberi dampak negatif pada kesehatan bayi misal iritasi. Saat mengajak bayi berenang pastikan bayi sudah makan minimal 30 menit sebelum berenang. Dan ajaklah bayi berenang ketika kondisi badannya sehat.
oh ya bayi juga memiliki reflek membuka mata di dalam air loh, jadi bayi anda bisa difoto di dalam air dengan mata yang tetap terbuka.

http://maskolis.blogspot.com/2011/06/ternyata-berenang-bisa-bikin-iq-anak.html

Manfaat berenang bagi bayi antara lain:

  •  Mendekatkan bayi dan orang tua ketika belajar berenang bersama di air

(bayi yang bisa berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik, dan mampu menggapai obyek-obyek di sekitarnya lebih mudah daripada bayi yang bukan perenang). 

  • ·         Membangun keberanian dan kemandirian bayi
  • ·         Meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit
  • ·         Biasanya bayi lebih banyak makan dan tidyur lebih pulas
  • ·         Sebagai sarana perlindungan diri bayi
  • ·         Meningkatkan IQ bayi

Video Infant Swimming Resource (ISR):



Subhanalloh yaa, keren kan? Allah memang menciptakan manusia dengan sempurna bahkan bayi yang terlihat lemah pun sebenarnya memiliki banyak keajaiban dalam tubuhnya. Semoga bermanfaat.

dari berbagai sumber

4 comments:

silakan memberi komentar: