09 October 2012

masak2 day :)

Weekend khususnya hari Ahad alias Minggu adalah hari yang spesial banget nih buat aku. tau kenapa? yuup, karena aku biasanya mudik tuh ke Magelang ketemu keluarga  n yang pasti sehari itu aku biasanya mendapat job khusus yaitu jadi tukang masak.

Bagiku memasak itu menyenangkan, eh tapi bukan karena acara masak2 yang saat ini lagi ngetrend loh, tapi emang suka dari dulu, udah kayak hobi aja (meski ga bisa masak tiap hari). Btw jadi inget  dulu pas aku masih kecil kalo nonton acara masak-masak pasti paaling pool yang dilihat selalu cuma wajah bu Sisca atau yang agak muda ya Rudy Choirudin, pokoknya sampe bosen deh ngelihatnya.

Beda banget dengan sekarang, hampir tiap channel stasiun TV pasti selalu ada acara masak dan yang masak pun beragam, mulai yang muda sampe tua, dari yang cakep sampe yang enggak, bahkan dari yang masih amatir sampe yang udah profesional. komplit deh.. tinggal pilih mana yang cocok, hehe.

Loh, kok malah ngomongin stasiun TV ya?
Kembali ke leptop dulu nih, nah jadi hari Minggu itulah aku biasanya mempraktekkan resep2 entah emang asli atau asal masak tanpa resep, asal jadi n enak, haha..

Nah minggu kemaren tuh pagi2 jam 5.30 aku udah diminta pergi ke pasar dan adek2ku kompakan request minta dimasakin cumi. Pas di pasar aku ngelihat ikan laut yang segar2.. waah mataku langsung berbinar, hoho.. ku beli aja deh keduanya (cumi + ikan laut) yang mirip seperti ikan cakalang itu. Setelah itu baru muter-muter nyari belanjaan yang lain, yang paling ngeselin tuh ya pas nyari bawang bombay. 
Kan ceritanya ikan lautnya mau aku masak asam manis, nah butuh bawang bombay kan, tapi ternyata setelah muter-muter kosong saudara-saudara, ya ampuun padahal cuma bawang bombay loh.. dan akhirnya tetep ga dapet. Emang susah ya kalo tinggal jauh dari peradaban, sedangkan sukanya masak yang neko2, hoho.. (padahal aslinya tempat tinggalku pun ga jauh2 amat dari peradaban, malah deket tuh sama Borobudur, tapi tetep aja suka rempong kalo nyari bahan masakan yang agak neko-neko)

Sampai rumah, langsung deh mulai masak-masaknya, pertama masak ikan laut yang pake saus asam manis, meskipun ga lengkap tanpa bawang bombay sih, Alhamdulillah sukses.. yeee... padahal ibuku sebelumnya sudah meragukan memasakku, hoho..
(oya perlu diketahui kriteria sukses yaitu ketika semua anggota keluarga doyan makan makanan tersebut, termasuk si bocil -adek yang masih kecil2- yang suka pilih-pilih kalo makan)

Nah siangnya baru masak cumi, sempet bingung tuh kemaren mau dimasak apa tuh cumi. Amisnya minta ampun, biasanya sih di masak pake cabe ijo tapi biasanya bocil2 jadi ga suka, mau digoreng tepung, kok biasa banget.. Akhirnya ku bikin kering bareng sama tempe yang ku goreng crispy terlebih dahulu.
pas aku mulai masak nih, kan cumi amis banget tuh ya..  Eh ayahku nyamperin tanya mau diapain tuh si cumi, ku jawab aja mau kubuat kering cumi. Malah seenaknya aja tuh ayahku nimpalin, emang enak ya cumi dibuat kering? kayaknya ge enak deh. wew, menohok banget, hiks.. cuma bisa berdoa dalam hati biar si cumi sukses ku masak..
dan hasilnya... tetap sukses sodara-sodara.. Alhamdulillah.. bisa ngelirik bangga ke arah ayahku, hehe.. 

Intinya sih kalo lagi masak tu jangan terlalu terpengaruh orang lain, kreatifitas kita harus berkembang, meski cara bahkan hasilnya ga lazim, yang penting adalah berani mencoba sesuatu yang baru yang sesuai dengan keinginan kita. yang penting minimal bikin kita bahagia deh, ngenes kan ya kalo udah susah-susah masakk, eh masih tertekan pula..

yang penting enjoy, apapun hasilnya :D
selamat memasak...





0 komentar:

Post a Comment

silakan memberi komentar: