13 December 2012

buang sampahmu segera

Beberapa hari terakhir aku mengalami hal yang cukup mengganggu,  tak bisa membuang sampah ternyata menjadi hal yang cukup menyiksa *maksudnya sampah perut, hehe..
Sudah lebih dari tiga hari, dan aku masih saja belum bisa membuangnya, meski tak membuat sakit, tapi temanku yang kuliah di kedokteran selalu membubuhi cerita horor dari kebiasaan tidak sehat telat buang sampah.

Katanya sih, meski banyak orang mengira tak bisa membuang sampah tiap hari itu merupakan hal yang wajar, namun ternyata dampaknya mengerikan, mulai dari usus yang jadi karatan, busuk bahkan kanker.
Selain itu ketika sulit buang sampah, sebagian besar orang menambah energi dengan mengejan, padahal hal itu juga berdampak buruk bagi kesehatan loh, karena bisa menyebabkan wasir (ambeien), hernia (turun berok), rahim turun, rektum turun (usus besar turun). 

Dulu sebenarnya aku selalu buang sampah sangat teratur, namun seringkali waktunya beragam tiap harinya. Jadi, kadang pas waktunya datang dan aku masih berkutat dengan pekerjaan, seringkali aku tahan agar tertunda hingga hari berikutnya. Ternyata itu kesalahan besar, dan aku baru menyadarinya sekarang sehingga butuh kerja keras untuk bisa mengembalikannya. 

Aku pun mendapatkan kesimpulan baru, bahwa sampah memang harus segera dibuang tepat waktu, sampah apapun itu. Sampah perut yang bisa menyebabkan penyakit, sampah rumah tangga yang menyebabkan munculnya kuman, juga sampah noda di hati yang bisa menyebabkan 'penyakit hati'.
Buang sampah memang remeh tapi jika diabaikan dapat berakibat fatal, maka buanglah sampahmu segera.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

silakan memberi komentar: